Senin, 08 Februari 2010

Perilaku Buruk Menyebabkan Kematian Dini

Kenakalan remaja laki-laki dapat menimbulkan resiko kematian atau cacat yang disebabkan berbagai penyakit seperti jantung, stroke, penyakit pernapasan, dan kanker pada usia 48 tahun.


Menurut para peneliti Inggris, kenakalan remaja laki-laki dapat menimbulkan resiko kematian atau cacat yang disebabkan berbagai penyakit seperti jantung, stroke, penyakit pernapasan, dan kanker pada usia 48 tahun. Penemuan itu berasal dari penelitian sejak 1961 dan diikuti 441 orang anak laki-laki yang berusia 8 sampai 9 tahun di selatan London. Demikian dilansir Health Day News.

Di antara laki-laki yang berusia 10 tahun dengan perilaku antisosial (suka membolos, membuat masalah di sekolah, atau tidak jujur) dan juga remaja yang melakukan kejahatan pada usia 18 tahun, sebanyak 16,3 persen meninggal atau cacat pada saat memasuki usia 48 tahun. Fakta tersebut tujuh kali lipat lebih tinggi dari pada angka kematian atau cacat pada umur 40 tahun, yang disebabkan oleh orang yang tinggal di lingkungan yang bermasalah ketika masih muda.

"Hal ini menjelaskan, pada usia 8 sampai 10 adalah bagian dari perkembangan manusia sebelum menuju pada kematian," kata Jonathan Shepherd, Direktur Riset soal Kekerasan dan Masyarakat di Universitas Cardiff, Wales.

Peneliti tidak tahu persis mengapa kenakalan dapat meningkatkan risiko kematian dini dan kecacatan di usia menengah. "Diduga kurangnya pengendalian diri di masa kanak-kanak dan remaja, ketegangan, tekanan dari gaya hidup, dan antisosial adalah penyebabnya," ujar Shepherd.(YUS)Liputan6.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post