
Kemarin Saya menulis mengenai Balancing pada turbin angin, Apa sebenarnya balancing itu,? merupakan proses penyeimbangan baik secara statis maupun dinamis. Kesetimbangan statis diperoleh apabilatotal momen oleh gaya berat dari system masa terhadap poros sama dengan nol. Sedangkan kesetimbangan dinamis merupakan kesetimbangan yang tercapai apabila total gaya Inersia yang timbul akibat putaran sama dengan nol.
Praktikum balancing kemarin agak sedikit membingungkan, karena saya sendiri kurang belajarnya ditambah asisten jaga yang kurang begitu paham dengan praktikum ini. Praktikum balancing ini intinya menyeimbangkan 3 buah piringan yang di asumsikan sebuah cranksaft pada mobil. Proses penyeimbangan piringan ini menggunakan 2 buah piringan yang diletakkan di samping kanan dan kiri pada piringan yang di uji.
Alatnya sendiri meliputi:
Poros, Motor dan Rotor atau piringan piringan tadi.

Tranduser, Stroboscope, Oscilator

tranduser sendiri berfungsi sebagai sensor getaran dan nilainya bisa dilihat pada oscilator
Kotak pengontrol

untuk mengatur kecepatan (rpm) dari poros, dengan mengubah nilai ampere
Tidak ada komentar:
Posting Komentar