Minggu, 22 Januari 2012

Lebih Mengenal Suku Tarahumara, Meksiko

Di tengah hiruk pikuk dan hingar bingar modernisasi, keturunan suatu suku/ ras yang menyebutkan diri mereka  Raramuri dari ras Tarahumara, yang tinggal di atas ngarai Meksiko Utara.  Para Tarahumara adalah orang pendiam yang tinggal berjauhan dari satu sama lain.

Estimasi saat ini penduduk Rarámuri tahun 2006 di antara 50.000 dan 70.000 orang. Sebagian besar masih hidup dengan gaya hidup tradisional,
menghuni tempat penampungan alami seperti gua atau tebing,
serta pondok kecil dari kayu atau batu. Konsumsi makanan mereka adalah jagung dan kacang , namun banyak dari Rarámuri juga masih melakukan transhumance , peternakan, domba, dan kambing.  Hampir semua Rarámuri bermigrasi dalam beberapa kelompok.


Rarámuri atau Tarahumara adalah asli orang utara Meksiko yang terkenal dengan kemampuan  menempuh perjalanan jarak jauh. Dalam bahasa mereka, rarámuri secara khusus sebutan untuk laki-laki, perempuan yang disebut sebagai Muki (individu) atau igomele (kolektif ).


Penduduk awal  negara bagian Chihuahua, Rarámuri mundur ke Copper Canyon di Sierra Madre Occidental setelah kedatangan penjelajah Spanyol di abad keenam belas. Daerah Sierra Madre Occidental yang mereka sekarang tinggal sering disebut Tarahumara Sierra karena kehadiran mereka.



Dan disinilah kemampuan super yang mereka miliki. Tarahumara memiliki kemampuan untuk menempuh jarak bermil-mil jauhnya dengan cepat . Kata untuk diri mereka sendiri, Rarámuri, berarti "pelari berjalan kaki" atau "orang-orang yang berlari cepat" dalam bahasa ibu mereka menurut beberapa ahli etnografi awal seperti Norwegia Lumholtz Carl , meskipun penafsiran ini belum sepenuhnya disepakati.


Orang-orang Tahumara sebelum berlari dan melakukan perjalanan jauh, mereka mengkonsumsi bir dari jagung dengan jumlah yang besar, tapi bir ini mengandung karbohidrat tinggi dan rendah alkohol. Para Tarahumara juga menggunakan metode kaki strike, yaitu berlari dengan kondisi alami (tanpa menggunakan alas kaki). Tradisi lari jarak jauh juga memiliki aspek seremonial dan kompetitif. Seringkali, pelari laki-laki menendang bola kayu saat mereka berjalan di kompetisi, dan perempuan menggunakan tongkat. Dan kompetesi berlari yang mereka lakukan, bisa berlangsung berhari-hari tanpa istirahat. 


Dan dari kehidupan mereka timbul hipotesa bahwa manusia purba dulunya adalah pelari yang handal. Mereka berlari sangat cepat untuk menghindari mereka dari serbuan binatang buas.  Manusia dengan fisik yang prima dapat berlari lebih cepat dari hewan berkaki empat. 

Dan alasan kenapa mereka perlu berlari bermil-mil, Tarahumara perlu melakukan perjalanan jarak jauh tersebut untuk membagikan pesan dari desa ke desa. Sebab itu bagian dari kelangsungan hidup mereka di Tembaga Canyon Meksiko.

Yang jadi pertanyaan, Bagaimana mereka bisa berjalan bermil - mil bahkan
tidak menunjukkan tanda-tanda kelelahan otot atau kram?


Jadi mengapa orang-orang ini dapat berjalan pada jarak super tanpa bantuan dari teknologi? Apakah mereka memiliki beberapa struktur rangka efisien biomekanik yang jutaan tahun lebih berkembang daripada kita? 

William Shatner's dalam ‘Weird or What?‘ mencoba menjawab pertanyaan itu. Gunakan koneksi yang baik untuk menontonnya.


SEE ON VIDEO

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post